Kutipan Dari "Calon Sarjana Komputer Ndak Bisa Ngoding? Salah Siapa?"

Share:


Belajar di jaman sekarang, apalagi belajar pemrograman dan skill IT lainya itu lo sebenarnya sangat-sangat mudah. Sampean punya laptop, punya koneksi internet, dan bisa bahasa Inggris. Sampean bisa belajar apa saja dari internet. Kalau tidak tahu tempatnya, tinggal tanya sama mbah Google. Lah sampean sih laptop hanya dipakek untuk facebookan, twitteran, ngepath, dan instragraman saja. Mbok ya dipakai untuk belajar.

Belajar ngoding itu menurut saya ada dua hal yang harus dipahami. Pertama adalah conceptual skill dan yang kedua adalah technical skill. Untuk kemampuan konseptual sampean harus paham dasar-dasar algoritma dan struktur data. Algoritma itu akan membentuk pola pikir sampean bagaimana menyelesaikan permasalahan komputasi secara logis. Untuk kemampuan technical skill sampean hanya perlu membiasakan cara mengekpresikan conceptual skill dalam bahasa pemrograman yang spesifik.
Untuk pemahaman konsep, sampean bisa ikutan kuliah online gratis di berbagai MOOC  (Massive Open Online Course) dari berbagai kampus terbaik dunia, seperti:
  1. https://www.coursera.org
  2. https://www.edx.org/
  3. https://www.futurelearn.com
  4. https://www.udemy.com
  5. https://lagunita.stanford.edu
Tinggal ketikan saja kata kuncinya, algorithm atau programming atau computer science ada ratuan kuliah online gratis disitu. Layaknya kuliah sungguhan, ada video, materi, exercise, quiz, dan ujian disitu. Beberapa mata kuliah yang saya sarankan: Algorithm 1 ,  Introduction to Computer Programming , Introduction to Java Programming, Java Tutorial for Complete Beginner
Sedangkan untuk kemampuan teknis, cara belajar yang terbaik adalah learning by doing yaitu dengan coba nulis code langsung. Kalau sampean sudah paham konsepnya, dan familiar dengan salah satu bahasa pemrograman saja. Untuk mencoba bahasa pemrograman yang lain tidaklah sulit. Ada beberapa online learning by doing yang bagus, diantaranya adalah:
  1. Codeacademy
  2. w3schools
  3. LearnJavaOnline 
Intinya banyak sekali resource belajar di internet asal sampean mau belajar sendiri. Tinggal googling saja. Sayangnya, resource belajar yang terbaik semuanya masih dalam bahasa Inggris. Kalau sampean masih pusing dengan bahasa inggris yah, ya wassalam. Tapi kan sudah ada google translate to? Dan mau tidak mau menurut saya sampean harus paksa diri untuk paham itu bahasa Inggris. Terkadang yang perlu sampean lakukan adalah memaksa sampean sendiri untuk tidak manja dan wani soro untuk belajar sendiri. Saya ingatkan sekali lagi, Jangan manja! Seiring berjalanya waktu, resource belajar yang bahasa inggris itu akan menjadi terbiasa buat sampean. Dan terjemahan google translate itu akan berpindah dan mengendap di otak sampean. Kalau manja, ndak berani memaksa dan keras pada diri sendiri, ya selamanya ndak bakalan bisa to? Jika merasa kesulitan, bingung, gagal paham, itu wajar bero ! namanya belajar sesuatu yang baru. Belajar kadang terasa menyakitkan, jika begitu berbahagialah, karena itu artinya sampean benar-benar belajar. Ibarat membuka berlian yang dibungkus ikatan kain yang berlapis-lapis, dibutuhkan kesabaran, dan daya juang tanpa lelah. Kadang harus mengulang dan mengulang lagi, mencoba dan mencoba lagi. Hingga akhirnya, ketemulah berlian itu.

Pengalaman saya belajar ngoding , saya merasa skill ngoding saya well-improved ketika saya belajar sendiri. Dan memang kuliah di kelas itu hanya perangsang untuk belajar lebih lanjut. Selanjutnya, terserah sampean. Satu lagi tips biar jago coding adalah by practice. Saya dulu sejak semester 3 hingga lulus kuliah (4 tahun pas) nyambi kerja part-time di software house milik salah satu alumni. Disanalah skill pemrograman saya terasah. Indeed, kalau sampean sudah nemu cara belajar yang tepat buat sampean sendiri, belajar ngoding itu sangat menyenangkan dan menantang. Sangat merangsang otak untuk mikir secara logis.

Sumber: http://cakshon.com/2015/04/16/calon-sarjana-komputer-ndak-bisa-ngoding-salah-siapa/

ads Bottom