Pemrograman PHP : Looping

Share:
Perulangan atau sering disebut looping adalah suatu cara melakukan perintah secara berulang-ulang dengan menggunakan kode program. Contohnya, apabila kita ingin menampilkan “Belajar Looping” sebanyak beberapa kali, kita hanya perlu menuliskannya sekali. Kode php-lah yang akan menampilkannya sebanyak sepuluh kali. Looping pada php ada beberapa jenis, misalnya for, while, foreach dan do-while.

Looping menggunakan for
Untuk looping yang pertama yaitu for. Contoh cara menggunaka looping dengan menggunakan for adalah sebagai berikut:

Syntax

for (perulangan; cek perulangan; kenaikan perulangan) {
             kode yang akan di ekseskusi;
}

Contoh Script

<?php 
 for ($i=1; $i <= 10; $i++) { 
  echo "Belajar Looping";
 }

?>



Dengan menggunakan kode seperti diatas, maka tulisan ‘hello world’ akan ditampilkan sebanyak 10 kali. Perhatikan statement yang berada di dalam tanda kurung setelah for, pada statement tersebut dinyatakan bahwa nilai awal dari variabel $i adalah 1 ($i = 1). Kemudian, selama $i kurang dari sama dengan 10 maka perulangan akan terus dijalankan ($i <= 10) dimana setiap kali perulangan dilakukan nilai $i akan ditambahkan dengan 1 ($i++). Jadi, ketika program menampilkan “Belaja Looping” untuk pertama kali maka nilai $i adalah 1. Untuk yang kedua kali maka nilai $i adalah 2 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

<?php 
 for ($i=1; $i <= 10; $i++) { 
  echo "\n nilai variabel \$i sekarang adalah = ".$i;
 }

?>

Jika program diatas dijalankan pada browser, maka akan ditampilkan kira-kira sebagai berikut:

nilai variabel $i sekarang adalah = 1
nilai variabel $i sekarang adalah = 2
nilai variabel $i sekarang adalah = 3
nilai variabel $i sekarang adalah = 4
nilai variabel $i sekarang adalah = 5
nilai variabel $i sekarang adalah = 6
nilai variabel $i sekarang adalah = 7
nilai variabel $i sekarang adalah = 8
nilai variabel $i sekarang adalah = 9
nilai variabel $i sekarang adalah = 10



Catatan : "\n" pada contoh program diatas adalah untuk membuat baris baru.

Looping menggunakan while
Baik dengan menggunakan while ataupun for, pada prinsipnya proses perulangan itu sama saja. Contoh cara membuat perulangan dengan menggunakan while adalah sebagai berikut:


<?php 
 $i = 1;
 while ($i <= 10) {
  echo "Hello World";
  $i++;
 }
?>


Pada contoh penggunaan while diatas, hampir sama dengan ketika menggunakan for yaitu terdapat inisialisasi variabel yaitu $i = 1 , kemudian terdapat pula batasan sampai kapan perulangan akan dilakukan yaitu selama $i <= 10. Selain, itu juga terdapat $i++ yang merupakan faktor penambah pada variabel $i.

Looping menggunakan do-while
Looping dengan menggunakan do-while pada dasarnya sama saja dengan while. Yang membedakan adalah kondisi dituliskan di bagian akhir perulangan, perhatikan contoh berikut:


<?php 
$i = 1;
 do{
    echo "Hello World";
    $i++;
 }while ($i <= 10)

?>


Jika diterjemahkan ke dalam bahasa manusia kode diatas berarti “lakukan (do) semua perintah yang ada di dalam kurung kurawal, selama (while) $i kurang dari sama dengan sepuluh.

closure
Diatas, anda telah belajar tentang looping. Diharapkan setelah membaca tulisan ini anda bisa paham mengenai looping. Jika ada yang perlu ditanyakan anda bisa memberikan komentar pada kolom komentar di bawah. Khusus untuk looping menggunakan foreach, akan dibahas pada artikel selanjutnya karena anda perlu memahami tentang array terlebih dahulu sebelum belajar menggunakan foreach.


ads Bottom