Pengkodean Base 64

Share:
Sebelum kita masuk  kepembahasan  tentang Base 64 alangkah baiknya kita mengenal (Multipurpose Internet Mail Extension) MIME. Nah apa yang dimaksud dengan MIME?

MIME merupakan perluasan dari protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berguna untuk mengizinkan beberapa data selain teks dengan pengodean ASCII, seperti video, suara, dan berkas biner, agar dapat ditransfer melalui e-mail tanpa harus mentranslasikan terlebih dahulu data-data tersebut ke dalam teks berformat ASCII. MIME merupakan bagian dari protokol HTTP, dan web browser dan server HTTP akan menggunakan MIME untuk menginterpretasikan berkas-berkas email yang dikirimkan dan diterima. (Wikipedia, 2014)

Base64 adalah sekelompok mirip biner-to-text encoding skema yang mewakili data biner dalam ASCII format string dengan menerjemahkan ke dalam radix -64 representasi. Istilah Base64 berasal dari tertentu Transfer encoding konten MIME .
Skema Base64 encoding biasanya digunakan saat ada kebutuhan untuk mengkodekan data biner yang perlu disimpan dan ditransfer melalui media yang dirancang untuk menangani data tekstual. Hal ini untuk memastikan bahwa data tetap utuh tanpa modifikasi selama transportasi. Base64 umumnya digunakan dalam sejumlah aplikasi termasuk email melalui MIME , dan menyimpan data yang kompleks dalam XML . (Wikipedia, 2014)





ads Bottom